Jam Pelaksanaan : 11:00-13:00 Wib
Tempat : Lap. Utama SMK Bina Siswa Utama
PASKIBRA
- Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
- Menjadi seorang paskibra sejati, tegas bijaksana dan unggul dalam dalam bersosialisali
- Memliki perilaku jujur, disipli, tanggung jawab, dan ambisi dalam menguasi pembelajaran
- Unggul dalam jiwa patriotisme garuda pancasila
- Memahami konsep dasar kesatuan wilayah pertahanan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menanamkan karakter religius melalui pembiasaandalam latihan.
- Menanamkan perilaku jujur, disiplin, kreatif dan anti korupsi.
- Mengoptimalkan pembiasaan memelihara dan melestarikan lingkungan hidup.
- Mengoptimalkan pelatihan melalui PAKEM
- Meningkatkan profesionalisme pelatih melalui kursus kepelatihan.
- Menanamkan jiwa kewirausahaan dan ekonomi kreatif.
- Menjalin kerjasama yang harmonis antara sekolah, lingkungan masyarakat dan dunia usaha dalam menunjang kegiatan paskibra
- Tujuan Pembelajaran
- Meningkatkan peran penting nasionalisme dibalik makna sang bendera merah putih
- Mendukung koordinasi antar pembina ;
- Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik intra pelaku di sekolah, antar sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan antar waktu;
- Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan pengawasan;
- Menjamin penggunaan sumber daya sekolah yang ekonomis, efisien, efektif, berkeadilan, berkelanjutan serta memperhatikan kesetaraan gender.
- Menjadi perilaku yang unggul dalam sikap, dan sigap pada suatu permasalahan
- Meningkatkan IQ dan EQ
- Materi Pembelajaran
- Meningkatkan pengetahuan tentang sejarah proklamasi indonesia :
- Tentang apa arti logo paskibra
- Tentang makna bendera merah putih
- Tentang pendiri PASKIBRAKA
- Membentuk satu kesatuan prajurit lapangan atau pasukan inti :
- Membentuk pasukan inti paskibra sekolah
- Membentuk pasukan inti lomba
- Membentuk suatu sistem birokrasi, dedikasi, dan kontribusi yang baik
- Membuat matarantai sistem organisasi secara turun temurun
- Alokasi Waktu
- 3 x 60 menit
- Metode Pembelajaran
- Pendidikan moral dan karakter
- Pembinaan sikap
- Penyampaian teori
- Membentuk keselarasan fisik
- Mengajarkan organisasi
- Pelatihan fisik
- Pelatihan tingkat intelegensi
- Pelatihan lapangan
- Melakukan jenjang tahunan kepurnaan paskibra
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Pada awal pertemuan siswa/i mengadakan meet up perkenalan diri untuk mengetahui partner team perjuangan nya
- Pada pertemuan biasa, diawali dengan membaca doa
- Pengarahan dari pembina dan pelqatih
- Penjelasan teori dan planing rencanan kedepan
- Menanamkan karakterk paskibra
- Uji tingkat IQ dan EQ
- Kegiatan Inti
- Siswa mampu terseleksi sebagai pasukan inti sekolah ,mampu menjadi paskibra sejati
- Siswa mampu menyerap dan berinteraksi pada saat materi PBB dilapangan
- Siswa mampu mengibarkan sangsaka merah putih dan mengikuti lomba dimana pun
- Kegiatan penutup
- istirahat
- Siswa menerima informasi mengenai pembelajaran minggu selanjutnya
- Evaluasi kegiatan
- Membaca doa sebelum meninggalkan ekskul dan sekolah