• header
  • smk bsu foto
  • Depan
  • PPDB 2023-2024

SELAMAT DATANG DI SMK BINA SISWA UTAMA | INFO PENDAFTARAN SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 hub. (021) 88957280 / 88962822 WA.0812-8569-7005

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK BINA SISWA UTAMA BEKASI

NPSN : 20223124

Jl.Aster Raya No.15, Perumahan Harapan Baru Bekasi Barat 1713 3


smkbisis@gmail.com

TLP : (021) 88957280 / 889


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Status Member

  • Achmad Sujana (Guru)
    2021-09-15 14:21:49

    Semangat hari baru

Jam Pelaksanaan              : 10:00-12:00 Wib

Tempat                                : Ruang 13

Padus BSU 

 

PADUAN SUARA

  1. Kompetensi Inti :
  • Memahami Pengetahuan mengenai kegiatan yang di lakukan , berdasarkan rasa keingintahuan dan ingin mengerti tentang seni tarik suara
  • Belajar menghargai ( waktu, ilmu dan kedisiplinan ) berprilaku jujur, bertanggung jawab , peduli ( terhadap lingkungan dan budaya ), santunn , percayadiri serta berinteraksi secara efektif dengan lingkungan pembelajaran 
  1. Kompetensi Dasar :
  • Menghargai dan mencintai paduan suara sebagai sarana untuk lebih memahami satu kesatuan untuk dunia tarik suara
  • Memiliki perilaku jujur, santun bertanggung jawab dalam menanggapih hal-hal atau kejadian secara peribadi
  1. Indicator pencapaian kompetensin
    • Dapat mengenal dunia tarik suara secara reperinsip, terpadu hingga membutuhkan suatu kekompakan dan kepaduan
    • dapat mengetahui dan menyanyikan lagu-lagu sakral berinstrument rendah atau pun tinggi
    • dapat mengidentifikasikan pola jenis nada untuk dikuasi 
  1. Tujuan Pembelajaran

       untuk menguasi dan mempelajari :

  • Artikulasi,adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  • Pernafasanadalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
    • Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
    • Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
    • Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
    • Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  • Phrasering adalah: aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  • Sikap Badan: adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  • Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  • Vibratoadalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  • Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  • Intonasiadalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. 
  1. Materi pembelajaran
  • Kriteria : Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai dengan notasi yang tertulis pada partitur.
  • Nyanyikan panjang pendek not sesuai nilai not pada partitur.
  • Nyanyikan tinggi rendah nada sesuai dengan interval nada yang tertulis di partitur.
  • Tekankan anggota untuk menghafal syairnya.
  • Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai dengan interprestasi lagu yang diinginkan oleh komponis maupun aranger lagu tersebut.
  1. Alokasi Waktu
  • 2 x 60 menit 
  1. Metode Pembelajaran
  • Direct instruction , Drill , Pertunjukan 
  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan pendahuluan
  • Siswa meresponsa alam dan absen yang di berikan
  • Siswa mengulang kegiatan pembelajaran minggu lalu dengan keterkaitan yang lain
  • Siswa menierima informasi pembelajaran yang akan di lakukan teknik menari dan pola lantai yang tepat
  • Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran manfaat dari materi yang di dapat
  1. Kegiatan Inti
  • Siswa duduk dalam kelompok mengamati tarian sederhana dan teknik melakukannya
  • Pelatih dan siswa terlibat untung mempertanggung jawabkan tentang tarian sederhana dan teknik melakukannya .
  • Siswa bersama sengan kelompoknya mencoba melakukan taian sederhana sesuai dengan teknik yang telah di amatinya
  • Siswa menalar tentang bagian-bagian gerakan tarian sederhana dan teknik melakukannya
  • Siswa di minta melakukan tarian sederhana dengan kelompok pelatih menilai dengan Lembaga Penilaian Keterampilan
  1. Kegiatan penutup
  • Siswa di minta menyimpulkan/komentar terhadap penampilan kawan kelompoknya
  • Siswa menerima informasi mengenai pembelajaran minggu selanjutnya