Jam Pelaksanaan : 10:00-12:00 Wib
Tempat : Ruang 13
PADUAN SUARA
- Kompetensi Inti :
- Memahami Pengetahuan mengenai kegiatan yang di lakukan , berdasarkan rasa keingintahuan dan ingin mengerti tentang seni tarik suara
- Belajar menghargai ( waktu, ilmu dan kedisiplinan ) berprilaku jujur, bertanggung jawab , peduli ( terhadap lingkungan dan budaya ), santunn , percayadiri serta berinteraksi secara efektif dengan lingkungan pembelajaran
- Kompetensi Dasar :
- Menghargai dan mencintai paduan suara sebagai sarana untuk lebih memahami satu kesatuan untuk dunia tarik suara
- Memiliki perilaku jujur, santun bertanggung jawab dalam menanggapih hal-hal atau kejadian secara peribadi
- Indicator pencapaian kompetensin
- Dapat mengenal dunia tarik suara secara reperinsip, terpadu hingga membutuhkan suatu kekompakan dan kepaduan
- dapat mengetahui dan menyanyikan lagu-lagu sakral berinstrument rendah atau pun tinggi
- dapat mengidentifikasikan pola jenis nada untuk dikuasi
- Tujuan Pembelajaran
untuk menguasi dan mempelajari :
- Artikulasi,adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
- Pernafasanadalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
- Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
- Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
- Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
- Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
- Phrasering adalah: aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
- Sikap Badan: adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
- Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
- Vibratoadalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
- Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
- Intonasiadalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
- Materi pembelajaran
- Kriteria : Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai dengan notasi yang tertulis pada partitur.
- Nyanyikan panjang pendek not sesuai nilai not pada partitur.
- Nyanyikan tinggi rendah nada sesuai dengan interval nada yang tertulis di partitur.
- Tekankan anggota untuk menghafal syairnya.
- Anggota Paduan Suara mampu menyanyikan lagu/materi sesuai dengan interprestasi lagu yang diinginkan oleh komponis maupun aranger lagu tersebut.
- Alokasi Waktu
- 2 x 60 menit
- Metode Pembelajaran
- Direct instruction , Drill , Pertunjukan
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Siswa meresponsa alam dan absen yang di berikan
- Siswa mengulang kegiatan pembelajaran minggu lalu dengan keterkaitan yang lain
- Siswa menierima informasi pembelajaran yang akan di lakukan teknik menari dan pola lantai yang tepat
- Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran manfaat dari materi yang di dapat
- Kegiatan Inti
- Siswa duduk dalam kelompok mengamati tarian sederhana dan teknik melakukannya
- Pelatih dan siswa terlibat untung mempertanggung jawabkan tentang tarian sederhana dan teknik melakukannya .
- Siswa bersama sengan kelompoknya mencoba melakukan taian sederhana sesuai dengan teknik yang telah di amatinya
- Siswa menalar tentang bagian-bagian gerakan tarian sederhana dan teknik melakukannya
- Siswa di minta melakukan tarian sederhana dengan kelompok pelatih menilai dengan Lembaga Penilaian Keterampilan
- Kegiatan penutup
- Siswa di minta menyimpulkan/komentar terhadap penampilan kawan kelompoknya
- Siswa menerima informasi mengenai pembelajaran minggu selanjutnya